13 Jenis dan karakteristik bahan pembersih Laundry

Saat mencuci sebuah pakaian tentunya kamu ingin agar pakaian terlihat bersih? Nah, buat kamu yang ingin mencuci pakaian dengan bersih, alangkah baiknya untuk mengenal terlebih dahulu jenis jenis bahan pembersih yang berkualitas.

Apa itu bahan pembersih?


Jenis dan karakteristik bahan pembersih Laundry


Bahan pembersih merupakan suatu zat kimia bisa berbentuk bubuk, cair yang mempunyai fungsi untuk membersihkan noda kotoran pada pakaian, selain membersihkan pakaian, bahan pembersih juga memutihkan, dan memberikan aroma wangi pada pakaian.


Setiap bahan pembersih mempunyai jenis dan karakter yang berbeda beda, namun dalam memilih jenis bahan pembersih yang akan digunakan tentunya harus dengan mengetahui syarat dan dampaknya. Syarat bahan pembersih yang sangat direkomendasikan untuk mencuci pakaian bersifat ekonomis, tidak mengandung racun, tidak bersifat korosif, stabil di tempat penyimpanan dan mudah larut dengan cepat.


Di dalam sebuah usaha laundry, jenis jenis bahan pembersih itu berbeda beda, semua bahan pembersih dipakai sesuai dengan noda pada pakaian dan mempunyai karakteristik yang berbeda beda. berikut jenis bahan pembersih laundry yang digunakan di hotel dan usaha laundry.

Jenis jenis dan karakteristik bahan pembersih Laundry



Jenis jenis dan karakteristik bahan pembersih


Jenis jenis dan karakteristik bahan pembersih LaundryJenis jenis dan karakteristik bahan pembersih Laundry


1. Matic powder

Matic powder merupakan salah satu detergent bahan pembersih yang berbentuk bubuk, digunakan khusus untuk mesin cuci otomatis dengan daya yang maksimal ketika proses pencucian.


Aturan pemakaian bahan pembersih ini tergantung dari banyaknya pakaian. Namun secara normal yaitu bisa 7 sampai 15 gram untuk 1kg cucian, 14 sampai 30 gram untuk 2/3 kg.


2. Oxy Powder

Oxy Powder merupakan sebuah bahan pembersih pakaian yang bentuknya seperti bubuk, jika matic powder untuk daya cuci maksimal, namun Oxy Powder ini memiliki fungsi yang sering disebut dengan nama multifungsi, Oxy Powder ini memiliki sifat korosif dan jika menggunakannya harus memakai sarung tangan.


Oxy Powder memiliki kelebihan yaitu mampu mengangkat noda berat pada pakaian seperti noda darah contohnya. Selain mengangkat noda berat, bahan pembersih ini dapat digunakan juga untuk pakaian yang berwarna putih dan segala jenis warna. Untuk menggunakan Bahan pembersih ini alangkah baiknya menggunakan suhu sekitar 40 C dengan 7 hingga 15 gram per 1kg pakaian.


3. Blue Powder

Blue Powder merupakan bahan pembersih yang memiliki kandungan Oxy Bleach. Bahan pembersih ini berbentuk bubuk, dan sangat efektif ketika digunakan pada cucian dengan noda noda berat dengan pemakaian 5 hingga 10 gram untuk 1kg pakaian.


4. Matic Extra Beavy

Matic Extra Beavy bahan pembersih yang sama masih berbentuk bubuk, tapi bahan pembersih ini sangat berkualitas yang sering digunakan di hotel, laundry, dan rumah sakit. Sehingga memiliki kelebihan mampu membersihkan linen atau pakaian dalam jumlah banyak. Untuk pemakaiannya bisa dengan 7 hingga 15 gram untuk 1kg cucian.


5. Manual Powder

Manual Powder salah satu bahan pembersih yang digunakan untuk daya cuci manual. Selain ini Manual Powder masih merupakan bahan pembersih yang berbentuk bubuk  dengan aturan pemakaian sama dengan matic powder.


6. Alkalite Powder

Alkalite Powder merupakan bahan pembersih berupa kimia yang sangat efektif untuk membersihkan noda noda yang membandel. Jika bahan pembersih ini dicampurkan dengan bahan pembersih seperti detergen akan sangat membantu dalam proses pencucian, sehingga prosesnya jauh lebih mudah saat mencuci. Pemakaian Alkalite Powder dengan 3 hingga 5 gram untuk 1kg pakaian yang akan dicuci.


7. Sour Powder

Sour Powder ini juga salah satu bahan pembersih yang berbentuk kimia seperti alkalite powder, namun sedikit berbeda, Sour Powder ini memiliki karakter yang mudah larut    dan dapat menghasilkan proses netralisasi yang baik, dapat mencegah kuning pada pakaian. Aturan untuk pemakaian bahan pembersih ini 7, 15 gram untuk 1kg pakaian yang akan dicuci.


8. Softener

Softener merupakan cairan yang membuat pakaian terasa wangi, cairan ini sangat membantu untuk melembutkan serat pada kain pakaian selain itu juga dapat mencegah kotoran menempel kembali.


9. Emulsifier

Emulsifier merupakan salah satu bahan pembersih terbaik, karena memiliki sifat yang melarutkan dan menghilangkan noda minyak, lemak. Cara menggunakan Emulsifier ini pada awal pencucian. Pemakaian yang baik untuk emulsifier ini mencapai 3 hingga 5 mili untuk 1kg cucian.


10. Detergent Liquid

Detergent Liquid merupakan bahan pembersih yang berbentuk cairan yang berfungsi untuk pencucian lebih optimal sehingga terasa mudah ketika proses pencucian. Detergent ini memiliki karakter yang mudah larut di air sehingga menyebabkan pencucian bisa lebih efisien. Untuk pemakaian Detergent liquid sebaiknya dengan 7 sampai 15 mili untuk 1kg pakaian.


11. Detergent Linen Hotel

Detergent linen hotel salah satu bahan pembersih berbentuk bubuk yang dibuat secara khusus untuk linen linen hotel saja. Memiliki daya cucian yang maksimal dan pemakaian 7 hingga 15 gram untuk 1kg pakaian.


12. Bleach

Bleach salah satu bahan pembersih yang sangat membantu menghilangkan noda yang berasal dari bahan organik, namun secara khusus digunakan pada pakaian,kain,linen yang berwarna putih. Karena Bleach dapat memberikan efek cerah pada pakaian yang berwarna putih. Pemakaian untuk bahan pembersih ini mencapai 5 hingga 10 mili untuk 1kg pakaian.


13. Pelicin Pakaian

Seperti dengan namanya, pelicin pakaian merupakan bahan kimia yang dapat digunakan untuk melincinkan pakaian pada saat proses penyetrikaan sehingga membuat pakaian terlihat rapih. Selain berguna untuk pelicin pakaian, bahan kimia ini juga memiliki sifat lembut dan wangi. Pemakaian bahan pelicin ini cukup mudah, dengan cara menyemprotkan saja ke pakaian yang sedang disetrika.


Apabila kamu ingin memulai bisnis seperti laundry alangkah baiknya mengenal macam macam jenis bahan pembersih, karena dengan bahan pembersih yang baik dan berkualitas. Kamu tidak akan khawatir akan masalah di dunia bisnis kamu. 


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel