Pengertian dan Macam-Macam Tanggung Jawab

Setiap manusia dalam menjalani kehidupan tentunya harus memiliki sikap tanggung jawab, dengan memiliki sifat tanggung jawab kita akan menjalani kehidupan yang baik dalam lingkungan sosial. 




Pengertian tanggung jawab

Tanggung jawab adalah suatu perbuatan yang dilakukan seseorang dan berani menanggung apa yang telah diucapkan dan dilakukannya. dalam kamus besar bahasa indonesia memiliki makna yaitu tanggung jawab adalah kesadaran diri atas tingkah laku suatu perbuatan baik dilakukan dengan sengaja maupun tidak sengaja. 

Tanggung jawab merupakan sifat alami yang dimiliki seseorang, dimana setiap kehidupan yang dijalani oleh manusia pasti akan dibebani dengan tanggung jawab. sikap tanggung jawab ini sangat penting untuk kehidupan di dunia, baik dalam hal beribadah ataupun kehidupan sosial. tanggung jawab memiliki dua sisi, sisi dalam perbuatan diri sendiri dan sisi dari pihak lain. 

Jika seseorang yang tidak mau bertanggung jawab maka akan ada pihak lain yang akan menuntut dan memaksakan tanggung jawab yang telah dilakukan oleh orang tersebut. Tanggung jawab juga harus dilakukan dan dipenuhi bagi setiap seseorang dalam melakukan perbuatan, tanpa adanya tanggung jawab, maka sudah pasti kehidupan akan berantakan.

Mengenai masalah tanggung jawab, dalam ajaran agama sudah mengajarkan kita untuk mengutamakan sikap tanggung jawab. Mulai dari tanggung jawab untuk diri sendiri, tanggung jawab untuk keluarga, tanggung jawab terhadap masyarakat dan tanggung jawab terhadap negara.


Macam macam tanggung jawab

Tanggung jawab terhadap diri sendiri

Manusia ditakdirkan sebagai makhluk individu dan makhluk sosial. sebagai makhluk sosial manusia mempunyai kewajiban dan tanggung jawab seperti tolong menolong, saling menasehati dan saling menghargai. setiap manusia akan menyadari selain mempunyai sebuah tanggung jawab terhadap diri sendiri, juga mempunyai tanggung jawab terhadap orang lain.

Tanggung jawab adalah menerima tugas atau kewajiban yang telah diberikan orang lain dengan penuh kedisiplinan, menaati segala peraturan dan menanggung resiko dari tugas yang diberikan. sebelum mengetahui bagaimana kita mempunyai tanggung jawab terhadap diri sendiri, hendaklah kita mengetahui apa saja kebutuhan kita.

Secara garis besar kebutuhan kita sebagai makhluk terdiri dari dua macam, yaitu kebutuhan yang bersifat rohani dan kebutuhan bersifat jasmani.
  • Kebutuhan yang sifatnya rohani diantaranya: Keagamaan, kasih sayang, dan penghargaan.
  • Kebutuhan yang sifatnya jasmani diantaranya: Makan, minum, pakaian, ilmu pengetahuan dan kesehatan.
Tanggung jawab terhadap diri sendiri adalah memenuhi kebutuhan diri, dengan hasil bekerja yang baik dan halal. contoh tanggung jawab terhadap diri sendiri antara lain sebagai berikut.
  • Menjaga kebersihan diri sendiri
  • Jika berbuat salah hendaklah mengakui kesalahan
  • Menghormati orang tua dan orang yang lebih tua
  • Mempunyai sikap yang baik
  • Mengerjakan sesuatu dengan sendiri
  • tidak berbohong


Tanggung jawab terhadap keluarga

Tanggung jawab terhadap keluarga adalah suatu kewajiban yang benar-benar harus dilakukan setiap manusia. selain bertanggung jawab terhadap diri sendiri juga harus bertanggung jawab kepada keluarga, karena keluargalah yang paling dekat dengan kita. 

Tanggung jawab terhadap keluarga tentunya memiliki sebuah tugus dan tanggung jawab yang berbeda, seperti seorang ayah bertanggung jawab untuk menafkahi seluruh keluarganya, dan seorang ibu bertanggung jawab urusan pekerjaan rumah dan mengurus anaknya dan seorang anak bertanggung jawab sebagaimana fungsi dan tugasnya menjadi seorang anak.

Tanggung jawab terhadap keluarga bukan hanya dilingkungan satu keluarga saja, akan tetapi dengan keluarga atau saudara yang lainnya. contoh tanggung jawab dilingkungan keluarga sebagai berikut.
  • Menjaga kebersihan rumah
  • Saling menghormati sebagai saudara
  • Tidak berbohong terhadap sesama keluarga
  • Saling membantu sesama anggota keluarga
  • Mematuhi peraturan di keluarga
  • Membantu orang tua dan saudara keluarga


Tanggung jawab terhadap masyarakat

Tanggung jawab terhadap masyarakat adalah segala bentuk dari perbuatan untuk menciptakan lingkungan masyarakat menjadi aman, tentram dan damai. sehingga kita bisa bekerja sama dengan masyarakat lainnya dan hidup tenang.

Lingkungan masyarakat merupakan kehidupan kompleks, artinya tedapat berbagai macam watak, adat, budaya, agama dan kebiasaan yang berbeda-beda. sehingga di antara mereka terdapat beberapa persepsi dan anggapan yang berbeda. untuk mempersatukan perbedaan perbedaan itu tentunya cukup sulit. oleh karena itu, bimbingan dan ajakan keagamaan adalah jalan terbaik untuk membawa masyarakat kepada satu kesatuan pandangan, wawasan dan tekad.

Jika dilingkungan masyarakat terjadi suatu perbuatan yang menyimpang dari aturan yang telah dibuat, kita wajib mencegahnya. mencegah suatu perbuatan yang melanggar aturan seperti tawuran antar masyarakat, perbuatan buruk seperti judi, kekerasan, mabuk-mabukan dan lainnya merupakan kewajiban yang harus dilakukan oleh pemimpin masyarakat. Contoh tanggung jawab terhadap masyarakat sebagai berikut.

  • Ikut kegiatan masyarakat seperti gotong royong
  • Menghormati adat dan budaya 
  • Membersihkan lingkungan rumah di daerah masyarakat
  • Saling menjalin silahtuhrahmi kepada masyarakat
  • Saling tolong menolong
  • Tidak mengganggu kedamaian masyarakat lain


Tanggung jawab terhadap agama

Sebagai manusia tentunya memiliki perbedaan dalam urusan agama, akan tetapi perbedaan tersebut bukan menjadi masalah yang besar untuk bertanggung jawab terhadap agamanya. tanggung jawab terhadap agama merupakan kewajiban bagi seseorang yang memiliki kepercayaan terhadap keyakinannya. berikut yang merupakan contoh dari tanggung jawab terhadap agama yaitu.
  • Mempelajari ilmu agama
  • Menaati peraturan yang ditetapkan tuhan
  • Menghormati perbedaan agama
  • Tidak boleh menghina agama lain


Tanggung jawab terhadap negara

Lahirnya sebuah negara berawal dari unit terkecil, yaitu keluarga. oleh karena itu, kesadaran berbangsa dan bernegara harus timbul dari masing-masing keluarga. kesadaran berbangsa dan bernegara akan lebih baik apabila kita mengingat dan belajar tentang perjuangan para pahlawan yang telah berjuang demi kemerdekaan sebuah bangsa. para pahlawan berjuang dengan ikhlas demi kesejahteraan negara ini. 

Tanpa perjuangan dari para pahlawan mungkin kita tidak bisa merasakan kedamaian, kesejahteraan, kenyamanan saat ini. untuk itu sebagai warga negara kita harus bisa betanggung jawab terhadap negara dengan melakukan berbagai usaha diantara lain sebagai berikut.
  • Setiap manusia memiliki hak dan kewajiban yang keduanya tidak bisa dipisahkan.
  • Setiap warga negara berhak menikmati kemerdekaan dan hasil pembangunan, dan berkewajiban untuk membayar pajak, memelihara dan melestarikan lingkungan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel