Tujuan Strategi Pemasaran dan Tahapan Strategi

Strategi pemasaran merupakan salah satu senjata bagi perusahaan untuk menghadapi persaingan pasar. Pada dasarnya strategi pemasaran adalah mencarikan kecocokan antara kemampuan internal perusahaan dengan peluang eksternal yang ada di pasar. Mengenali karakteristik pasar dan struktur pasar sangatlah menguntungkan bagi perusahaan untuk dapat bersaing survive (kelangsungan hidup perusahaan).

Setiap perusahaan membuat strategi pemasaran tentunya tidak hanya menerapkan saja, akan tetapi setiap perusahaan yang berkaitan dengan strategi pemasaran memiliki tujuan tertentu dan berbeda-beda, berikut yang merupakan tujuan strategi pemasaran dan tahapan strategi pemasaran.

Tujuan Strategi Pemasaran

Tujuan strategi pemasaran

Setiap tindakan yang dilakukan oleh perusahaan ataupun badan usaha tentu mengandung suatu maksud dan tujuan tertentu. Penerapan tujuan strategi pemasaran ini disesuaikan dengan keinginan pihak management perusahaan. Tujuan strategi pemasaran biasanya sering dilakukan oleh setiap perusahaan.

Secara umum ada 4 tujuan strategi pemasaran diantaranya.
  • Memaksimalkan konsumsi atau bisa disebut dengan memudahkan dan merangsang konsumsi, sehingga dapat menarik pelanggan untuk membeli produk yang ditawarkan secara berulang-ulang.
  • Memaksimalkan kepuasan pelanggan melalui berbagai penawaran yang di inginkan konsumen.
  • Memaksimalkan ragam pilian produk yang telah ditawarkan sehingga pelanggan dapat memiliki beragam pilihan.
  • Meningkatkan mutu hidup dengan memberikan berbagai kemudahan kepada para pelanggan dan menciptakan iklim yang efisien.
Selain menetapkan tujuan dari strategi pemasaran yang akan dilakukan oleh suatu perusahaan, sebaiknya dilihat juga beberapa faktor yang dapat menyebabkan perubahan strategi pemasaran. dalam strategi pemasaran, ada  beberapa faktor yang dapat menyebabkan terjadinya perubahan strategi dala pemasaran, antara lain sebagai berikut.

Daur hidup produk
Stategi pemasaran harus disesuaikan dengan tahap-tahap daur hidup produk, yaitu tahap perkenalan, tahap pertumbuhan, tahap kedewasaan dan tahap kemunduran.

Posisi persaingan perusahaan di pasar
Strategi pemasaran harus disesuaikan dengan posisi perusahaan dalam persaingan, apakah memimpin, menantang, mengikuti atau hanya mengambil sebagian kecil dari pasar.

Situasi ekonomi
Strategi pemasaran juga harus disesuaikan dengan situasi ekonomi dan pandangan kedepan, apakah ekonomi berada dalam situasi baik, makmur atau inflasi tinggi.


Tujuan Strategi Pemasaran



Tahapan strategi pemasaran

Strategi pemasaran memiliki beberapa tahapan yang dapat digunakan dalam pencapaian suatu tujuan perusahaan jangka panjang. Tahapan strategi pemasaran tersebut terbagi menjadi tiga tahapan. Tahapan strategi pemasaran tersebut yaitu..

Segmentasi Pasar (Segmenting)

Segmentasi adalah kegiatan membagi atau mengelompokan pasar menjadi beberapa kelompok pembeli yang berbeda berdasarkan kebutuhan, watak dan prilaku pembeli. dengan adanya pembagian tersebut akan memudakan perusaaan membuat strategi pemasaran. dengan adanya segmentasi pasar, akan terlihat adanya berbagai kelompok pembeli yang menuntut produk yang berbeda dan strategi yang berbeda.

Perusahaan juga harus menyadari bahwa ada berbagai kelompok konsumen yang sangat banyak dan tersebar di berbagai wilayah dengan daya beli yang berbeda, dan kebutuhan yang berbeda. berdasarkan hal tersebut, sigmentasi muncul sebagai kegiatan sebuah pasar dalam kelompok pembeli yang khas berdasarkan kebutuhan, karakteristik atau perilaku yang mungkin membutuhkan produk yang terpisah.

Sigmentasi pasar membantu perusahaan untuk membuat suatu produk yang spesifik dan memenuhi sebagian pasar yang menjadi targetnya, sehingga kegunaan segmentasi pasar untuk desain strategi pemasaran sebagai berikut.
  • Dapat diukur, yaitu menunjukkan bahwa besar daya beli setiap segmen harus dapat diukur dengan tingkat tertentu, meskipun beberapa variabel tidak mudah diukur.
  • Dapat dicapai, yaitu menunjukkan seberapa jauh segmen dapat dijangkau dan dilayani dengan efektif.
  • Berarti  (substantially), suatu kelompok akan pantas disebut segmen apabila cukup besarkeuntungan.
  • Layak (Feasibility), menunjukan seberapa jauh program yang efektif yang dapat disusun untuk menarik minat segmen.
Target Pemasaran (Targeting)

Terget pemasaran (targeting) adalah memilih satu atau lebih segmen pasar untuk dimasuki. target juga bisa dikatakan sebagai cara perusahaan mengoptimalkan suatu pasar. dalam penentuan target pasar perusahaan harus menggunakan konsep prioritas, variabilitas dan freksibilitas. konsep prioritas dipakai karena perusahaan tidak bisa melayani semua orang dalam satu pasar. konsep variabilitas digunakan untuk menghadapi situasi persaingan yang sudah semakin meningkat, karena perusahaan tidak bisa memberikan pelayanan yang sama kepada semua orang yang sudah diprioritaskan. semakin sama akan semakin tidak optimal dan perusahaan dapat optimal dalam melayani orang jika bisa memberikan lebih banyak variasi. Konsep fleksibilitas ada hubungannya juga dengan variasi tadi karena semakin fleksibel, suatu perusahaan bisa memberikan variasi tanpa banyak keluar ongkos tambah.

Posisi Produk 

Posisi produk dapat diartikan sebagai cara produk didefinisikan oleh konsumen berdasarkan beberapa atribut penting, kegiatan posisi produk dapat didasarkan pada kegunaan produk dan kelas produk pada sisi konsumen. selain itu, perusahaan dapat menetapkan strategi posisi produk atas dasar kualitas barang yang dibutuhkan konsumen. oleh karena itu, pengertian strategi posisi produk sebagai suatu strategi yang digunakan untuk menanamkan suatu citra produk dibenak konsumen, sehingga menyebabkan produk tersebut lebih berkualitas dibandingkan dengan produk pesaing.

Terdapat beberapa cara posisi poduk yang dapat dilakukan pemasar dalam memasarkan produk kepada konsumen.
  • Menentukan posisi menurut atribut, hal ini terjadi bila suatu perusahaan memposisikan dengan menonjolkan atribut produk yang lebih unggul dibandingkan pesaingnya, seperti ukuran dan lainnya.
  • Penentuan posisi menurut manfaat, produk diposisikan sebagai pemimpin dalam suatu manfaat tertentu.
  • Penentuan posisi menurut penggunaan atau penerapan, yang digunakan sebagai unsur yang lebih menonjolkan dibanding pesaing.
  • Penentuan posisi menurut pemakai, yaitu memposisikan produk sebagai yang terbaik untuk sejumlah kelompok pemakai.
  • Penentuan posisi menurut pesaing, disini produk secara keseluruhan menonjolkan nama mereknya secara utuh dan diposisikan lebih baik dari pada pesaing.
  • Penentuan posisi menurut kategori produk, yaitu produk diposisikan sebagai pemimpin dalam suatu kategori produk tertentu.
  • Penentuan posisi harga dan kualitas, produk diposisikan sebagai pemberi penawaran harga terbaik.
Demikian merupakan tujuan strategi pemasaran dan tahapan strategi pemasaran yang harus diketahui oleh anda, jika anda memiliki bisnis atau usaha kecil maupun besar. anda harus memiliki strategi yang dapat anda gunakan untuk bisnis anda. banyak keunggulan dari strategi pemasaran, salah satunya membuat keberhasilan suatu bisnis usaha dan bisa membuat produk bisnis anda dikenal oleh pasar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel