Apa Itu Proses Pemasaran

Setiap seseorang yang mempunyai usaha, bisnis tentunya ingin sekali bisnis dan usahanya berkembang. Banyak cara dilakukan untuk menarik perhatian masyarakat pasar untuk mencoba mencicipi produk dari bisnis anda. Bagaimana sih agar produk bisa di kenal masyarakat umum?

Mengenalkan produk dari usaha dan bisnis tentunya tidaklah semudah apa yang dipikirkan, di dunia pasar anda juga bisa melihat beberapa produk yang sudah berhasil dipasarkan, sudah dikenali dan di pakai oleh masyarakat umum. 


https://www.kangervin.com

Proses pemasaran

Proses pemasaran merupakan sesuatu yang harus dilakukan seseorang pengusaha kecil maupun besar. Dalam proses pemasaran dibutuhkan beberapa tahapan untuk mengenalkan produk bisnis anda, di antaranya :

Pengenalan pasar

Pengenalan pasar adalah upaya yang dilakukan untuk mengetahui jumlah, karakteristik dan sifat sebuah pasar. Ada beberapa teknik yang dapat membantu seseorang pemasar dalam proses pengenalan pasar. Diantaranya sebagai berikut :

1. Mengelompokan pasar

Hal terpenting dalam memasarkan barang atau jasa adalah mengetahui siapa pembeli dan apa yang mereka butuhkan. Jika pembeli ingin membeli suatu barang atau jasa tentunya bagi seorang pemasar harus bisa membuat pengelompokan dengan hal hal berikut.

• Lokasi tempat tinggal
• Jenis kelompok
• Demografis
• Psikologis
• Jumlah barang atau jasa yang di beli

Baca Juga : Tujuan Strategi Pemasaran

2. Masa Peredaran Barang atau Jasa

Semua barang atau jasa memiliki siklus hidupnya masing-masing, yaitu tahap pengenalan, tahap pertumbuhan, tahap kematangan dan tahap penurunan. Untuk melakukan proses pemasaran tentunya produk yang akan si edarkan harus berkualitas, bagus sehingga tidak mengecewakan konsumen. Bagi seseorang pemasar, untuk mengetahui masa peredaran suatu barang atau jasa, hal-hal yang harus dilakukan sebagai berikut.

• Mempercepat atau memperlambat tahapan.
• Mengetahui masa edar atau siklus hidup yang dimiliki suatu produk barang atau jasa.
• Mengetahui layak atau tidaknya masuk dalam usaha baru.


3. Analisis SWOT

Analisis SWOT dapat dilakukan untuk mengetahui posisi usaha yang dijalankan dan posisi usaha pesaing. Analisis SWOT adalah suatu teknik yang dirancang khusus untuk membantu mengidentifikasi strategi pemasaran yang harus dijalankan oleh perusahaan.

Analisis SWOT mencangkup lingkungan Internal dan Eksternal perusahaan. Secara Internal, kerangka kerjanya menguraikan kekuatan dan kelemahan pada dimensi kunci misalnya, kinerja keuangan sumber daya, sumber daya manusia, fasilitas, kapasitas sebuah produk, harga produk, ketersediaan produk, dan organisasi komunikasi. Sedangkan, penilaian terhadap lingkungan eksternal termasuk informasi pasar (pelanggan dan persaingan), kondisi ekonomi, tren sosial, teknologi dan peraturan pemerintah. Ketika semua dijalankan dengan benar, Analisis SWOT dapat mengarahkan proses pembuatan strategis yang baik. Analisis SWOT dapat bermanfaat dalam menentukan keunggulan strategis yang dapat dieksploitasi dalam strategi pemasaran.




Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel