Pengertian Jasa : Ciri-Ciri Jasa dan Karakteristik Jasa

Apa yang dapat anda tangkap bila mendengar kata jasa? tentunya anda mengira bahwa jasa merupakan sebuah pelayanan yang diberikan kepada seseorang untuk menyelesaikan pekerjaan tertentu, seperti jasa pengurusan sertifikat rumah, jasa angkutan online, dan lainnya. Pada dasarnya produk jasa merupakan sebuah aktivitas ekonomi yang hasilnya tidak dalam bentuk fisik ataupun kontruksi.

Pengertian Jasa
Sumber: pixabay.com


Pengertian Jasa

Secara umum jasa didefinisikan sebagai pemberian suatu tindakan atau kinerja yang kasat mata dari satu pihak ke pihak lainnya. Pengertian lain menjelaskan bahwa Jasa adalah suatu kegiatan yang didentifikasikan bersifat abstrak atau tidak terlihat yang direncanakan untuk memenuhi kepuasan pihak tertentu.

Jasa menurut wikipedia diartikan sebagai sebuah pelayanan di dalam ilmu ekonomi yang melibatkan interaksi dengan konsumen atau dengan barang kepemilikan namun tidak menghasilkan kepemilikan. tentunya sedikit sulit untuk anda fahami? jangan khawatir sobat, berikut yang merupakan pengertian jasa menurut para ahli.



Pangertian Jasa Menurut Para Ahli

Kolter

Menurut kolter jasa didefinisikan sebagai tindakan atau kegiatan yang ditawarkan suatu pihak kepada yang lain pada dasarnya tidak terwujud dan tidak mengakibatkan kepemilikan apapun.


Djaslim Saladin

Menurut Djaslim Saladin jasa adalah suatu kegiatan yang bermanfaat dan tidak terwujud, tidak mengasilkan kepemilikan yang ditawarkan oleh suatu pihak kepada piak lainnya.


Adrian Payne 

Menurut adrian payne jasa didefinisikan sebagai aktivitas ekonomi yang mempunyai nilai intangible yang berkaitan dengannya, melibatkan interaksi dengan konsumen tetapi tidak memiliki kepemilikan.



William J.Stanton

Jasa adalah kegiatan yang dapat di identifikasikan secara tersendiri, yang pada hakikatnya bersifat tidak intangible, untuk menghasilkan jasa mungkin tidak diperlukan penggunaan benda nyata (tangible). akan tetapi, sekalipun penggunaan itu perlu, namun tidak terdapat adanya pemindahan hak milik atas benda tersebut (kepemilikan permanen).



Zeithaml dan bitner

Pengertian jasa adalah seluruh aktivitas ekonomi dengan output selain produk dalam pengertian fisik, dikonsumsi dan diproduksi secara besamaan, memberikan nilai tambahan dan tidak terwujud bagi pembeli pertamanya.


Norman

Menurut norman jasa merupakan suatu tindakan dan interaksi yang menunjukan kontak sosial antara produsen dan konsumen.

Jika anda sudah mengetahui tentang pengertian jasa, tentunya anda juga harus mengetahui ciri-ciri jasa itu apa sih ? berikut ciri-ciri dari jasa diantaranya.
  • Adanya sebuah interaksi antara penyedia jasa dan pengguna jasa
  • Sesuatu yang tidak berwujud dan dapat memenuhi kebutuhan dari konsumen
  • Tidak berakibat peralihan hak dan kepemilikan
  • Dalam melakukan proses produksi bisa menggunakan produk fisik, tetapi bisa juga tidak menggunakannya.

Karakteristik Jasa

Jasa mempunyai karakteristik yang berbeda-beda setiap produk, namun menurut kotler (1993) jasa mempunyai karakteristik sebagai berikut.

1. Intangibility (tidak berwujud)

Intangibility mempunyai arti tidak berwujud dan tidak dapat di identifiasi oleh indra manusia seperti dilihat, dirasa, diraba atau dicium sebelum terjadinya proses transaksi pembelian


2. Inseparability ( tidak dapat dipisahkan)
Jasa tidak dapat dipisahkan dari pemiliknya, baik dari manusia itu sendiri maupun mesin, selain itu jasa juga tidak dapat dipisahkan dari sumber keadiran maupun tidak, dan produk yang berwujud tetap ada.

3. Variability (berubah-ubah)
Variability mempunyai arti berubah-ubah yang dimaksud ialah jasa dapat mudah berubah karena tergantung kepada siapa yang menyajikan, kapan dan dimana waktu disajikan.

4. Perishability (daya tahan)
Jasa tidak memiliki daya tahan lama dan tidak dapat disimpan karena sifatnya tergantung dari fluktuasi permintaan.

Demikianlah informasi singkat tentang pengertian jasa, ciri-ciri jasa dan karakteristiknya semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda yang sedang mencari tau tentang apa itu jasa.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel